1. Jangan Lupa Selalu 5S

Jangan Lupa Selalu 5S!

Perusahaan penyedia jasa cleaning service kantor selalu melakukan pelatihan terlebih dahulu untuk petugas cleaning servicenya. Kenapa perusahaan selalu melakukan pelatihan? Karena mereka selalu menginginkan kualitas yang sangat baik untuk petugas cleaning service supaya tidak mengecewakan kantor-kantor yang menggunakan jasa petugas dari perusahaan mereka. Salah satu kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh jasa cleaning service adalah pengetahuan tentang 5S yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun. 5S harus diterapkan karena dapat meningkatkan kualitas dari pelayanan. Bukan hanya kualitas pelayanan tetapi juga kualitas SDM -nya.


PT Mitratama Cipta Selaras telah membekali pelatihan tentang keterampilan, pengetahuan kerja, komunikasi dan tanggung jawab kerja. Para petugas cleaning service wajib menerapkan 5S (Senyum Salam, Sapa Sopan, dan Santun) di perusahaan tempat mereka bekerja. Apa itu 5S dan bagaimana menerapkannya? Mari kita bahas.
1. Senyum
Senyum adalah ekspresi dari wajah. Senyum berasal dari kesengajaan atau karena sedang merasakan bahagia. Sebagai pekerja kita harus selalu merasa senang dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Petugas cleaning service harus selalu senyum saat bertemu dan berbicara dengan lawan bicaranya, agar lawan bicara merasa nyaman dan senang berbicara dengan kita.

 

2. Salam
Salam adalah tindakan untuk menyatakan hormat kepada orang lain. Sebagai petugas cleaning service jangan lupa untuk selalu mengucapkan salam kepada orang-orang kantor yang bekerja disana atau dengan sesama petugas cleaning service. Beberapa contoh mengucapkan salam sebagai berikut:
– Selamat Pagi, Pak!
– Selamat Siang, Bu!
Mengucapkan salam saat bertemu dengan para pekerja menjadikan nilai tambah karena salam menunjukan keramahan kita. Jangan lupa untuk senyum ya.
3. Sapa
Sapa atau menegur berbeda dengan salam. Tetapi ini juga hal yang sangat penting karena ini membuat suasana menjadi lebih akrab dengan yang lainnya. Beberapa contoh sapa sebagai berikut:
– Apa kabar, Bu?
– Ada yang bisa saya bantu?
Dengan kita menyapa orang lain, orang tersebut akan merasa dihargai.

 

4. Sopan

Sopan menurut KBBI adalah hormat, tertib menurut adat yang baik. Sopan bertingkah laku, tutur kata, maupun dalam hal berpakaian. Kita harus sopan dimana saja, kapan saja, dalam kondisi apapun. Budaya timur sangat erat akan nilai-nilai kesopanan. Sopan santun harus menjadi kepribadian kita. Beberapa contoh sopan dalam bekerja:
– Mengetuk pintu saat ingin masuk ke ruang kerja
– Mengucapkan permisi saat ingin membersihkan meja kerja
– Menggunakan pakaian yang sopan

 

5. Santun
Santun adalah sikap ramah tamah, bertingkah laku halus dan baik. Sikap santun terlihat dari tingkah laku dan ucapannya. Ucapan yang lemah lembut dan menjaga perasaan orang lain termasuk santun. Sikap santun bisa diterapkan dimana saja, karena sikap sopan santun adalah perwujudan dalam bersikap baik.

Seperti pembahasan diatas, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) adalah hal yang sangat baik dan positif. Sikap 5S ini sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya di tempat kerja. Menerapkan sikap 5S sangat berdampak untuk orang lain dan juga diri sendiri. Petugas cleaning service meberikan jasa melayani, maka jasa cleaning service kantor harus memberikan pelatihan tentang 5S agar para petugas cleaning service bisa melayani dengan sangat baik bukan hanya pekerjaan tetapi juga pribadinya. Apabila petugas cleaning service bekerja dengan baik itu akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan penyalurnya.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *