4. Pentingnya Penerapan 5R Pada Perusahaan Jasa Cleaning Service

Pentingnya Penerapan 5R pada Perusahaan Jasa Cleaning Service

Cleaning Service adalah petugas yang membersihkan, merapihkan sebuah rumah, dan gedung. Sekarang setiap perusahaan bahkan rumah pasti memiliki petugas Cleaning Service. Untuk sebuah rumah biasanya pemilik rumah tersebut mencari sendiri orang yang mau bekerja menjadi cleaning service. Tetapi untuk sebuah perusahaan mereka biasa mencari perusahaan jasa cleaning service, karena perusahaan jasa cleaning service meyediakan, dan menyalurkan pekerja yang sudah di latih sebelumnya sehingga kualitas dari petugasnya sudah pasti sangat baik.

Kegiatan pelatihan tersebut bertujuan agar petugas cleaning service dapat menggunakan alat kebersihan dengan benar, menyapu, mengepel dengan baik, melatih kedisiplinan, mengetahui teknik-teknik pemeliharaan permukaan benda seperti washing, sweeping, mopping, vacuming dan lain lain. Tidak lupa perusahaan jasa cleaning service memberikan pelatihan tentang penerapan konsep 5R (Resik, Ringkes, Rapih, Rawat dan Rajin). Mari kita bahas 5R ini

1. Resik
Resik atau bersih adalah membersihkan ruang kerja dan barang barang di ruangan tersebut agar bebas dari kotoran dan debu. Kebersihan ini sangat penting diterapkan, karena salah satu tujuan perusahaan membutuhkan petugas cleaning service adalah untuk menjaga kebersihan. Beberapa langkan untuk resik:
– Selalu menyediakan alat-alat kebersihan
– Menyapu, dan mengepel lantai

2. Ringkes
Ringkes atau ringkas dalam KBBI adalah tidak banyak memerlukan tempat, yang dimaksud dalam Cleaning Service ini adalah memisahkan antara yang diperlukan dan tidak diperlukan dari tempat kerja. Sebagai Cleaning service wajib mengetahui barang yang harus disimpan, atau dibuang, dan mengetahui cara menyimpan barang tersebut.
Beberapa langkah untuk ringkes:
– Periksa barang di setiap area
– Memisahkan barang-barang yang diperlukan dan tidak diperlukan
– Menyediakan tempat penyimpanan dan beri label untuk menandakan barang-barang tersebut.

3. Rapih
Rapih atau baik, teratur adalah menata, menyimpan, barang sesuai dengan tempatnya. Sehingga orang-orang yang membutuhkan barang-barang tersebut dapat menemukannya dengan cepat. Harus diperhatikan adalah barang-barang yang sudah ditempatkan di ruang kerja tidak boleh dipindahkan tanpa sepengetahuan pemilik barang
Beberapa langkah untuk Rapih:
– Menyimpan barang-barang pada tempatnya
– Memberikan label untuk memudahkan pencari barang

4. Rawat
Rawat atau menjaga, mengurus adalah mempertahankan resik, ringkes dan rapih. Merawat bukan hanya tatanan barang-barangnya saja tetapi juga merawat alat-alat kebersihan yang digunakan.
Beberapa langkah untuk rawat:
– Selalu melakukan komunikasi kepada orang-orang di tempat kerja
– Menetapkan standar dari kebersihan dan penataan
– Selalu mengembalikan barang yang sudah digunakan pada tempatnya
– Selalu menggunakan alat kebersihan sesuai dengan fungsinya

5. Rajin
Rajin berarti suka bekerja sehingga tercipta kebiasaan pekerja untuk meningkatkan dan mencapai target yang sudah tercapai. Mengembangkan kegiatan positif di tempat kerja. Saat rasa malas datang kita harus melawan rasa tersebut.
Beberapa langkah untuk rajin:
– Tidak menunda pekerjaan
– Mengukur kemampuan diri
– Mengetahui apa saja SOW atau Scope of Work dari pekerjaannya
– Mengatur jadwal pekerjaan apa yang harus dilakukan pertama, kedua dan seterusnya

Perusahaan jasa cleaning service yang baik dan bagus pasti selalu menerapkan 5R untuk setiap pekerjanya. Penerapan 5R bukan hanya menguntungkan perusahaan yang menggunakan jasa cleaning service tetapi juga menguntungkan untuk pekerja cleaning service tersebut karena membantu mereka menjadi pribadi yang lebih baik. Sehingga mencari cleaning service di perusahaan penyedia jasa sangat di rekomendasikan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *