3. Seberapa Pentingkah Penerapan Prinsip 5S Pada Petugas Cleaning Service Kantor

Seberapa Pentingkah Penerapan Prinsip 5S Pada Petugas Cleaning Service Kantor?

Pada setiap kantor, pada umumnya terdapat petugas cleaning service. Petugas cleaning service tersebut biasanya berasal dari perusahaan jasa cleaning service kantor atau direkrut sendiri oleh perusahaan tersebut. Petugas cleaning service yang didatangkan dari perusahaan cleaning service pada umumnya telah melalui serangkaian proses training terlebih dahulu sebelum ditempatkan pada sebuah perkantoran. Proses training tersebut bertujuan agar petugas jasa cleaning service yang baru direkrut paham betul mengenai standar operasional pelayanan yang sesuai dengan visi misi perusahaan tersebut. Pada praktiknya terdapat berbagai macam training yang diberikan kepada petugas cleaning service sebelum diterjunkan langsung ke lapangan, salah satunya adalah prinsip 5S.

Lima “S” adalah sebuah prinsip dasar pelayanan yang telah diterapkan di banyak perusahaan cleaning service di Indonesia. Lima S merupakan singkatan dari Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan santun. Lima prinsip tersebut merupakan lima nilai-nilai dasar yang harus diterapkan oleh petugas jasa cleaning service kantor. Lalu, seberapa penting penerapan prinsip 5S pada petugas jasa cleaning service kantor? Berikut ini beberapa alasan mengapa prinsip 5S sangat penting untuk diterapkan oleh petugas jasa cleaning service kantor.

Menggambarkan citra perusahaan

Alasan pertama mengapa penerapan prinsip 5S sangat penting untuk dilakukan adalah citra perusahaan yang terpancarkan melalui prinsip tersebut. Citra perusahaan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga mengingat citra perusahaan merupakan aset tak berwujud yang harus terus dijaga. Prinsip 5S telah terbukti mampu menjaga citra perusahaan tetap baik dan ramah kepada setiap orang.

Pada praktiknya, prinsip 5S dapat dilakukan pada berbagai situasi. Sebagai contoh, ketika sebuah perusahaan menggunakan jasa cleaning service kantor untuk posisi resepsionis atau customer service, maka prinsip 5S sangat dibutuhkan untuk menjaga citra perusahaan tersebut. Seorang resepsionis atau customer service tentu dituntut untuk senantiasa ramah dalam membantu para tamu yang ingin berkunjung ke kantor tempat mereka bekerja. Tanpa prinsip 5S, maka pelayanan petugas tersebut akan terlihat tidak menyenangkan dan bisa saja citra perusahaan tersebut akan rusak hanya karena ketidakcakapan petugas resepsionis dalam menerapkan prinsip 5S dalam bekerja.

Membuat suasana kerja menjadi nyaman

Alasan kedua mengapa prinsip 5S sangat vital bagi seorang petugas cleaning service adalah untuk menjaga suasana kerja agar senantiasa nyaman. Peran seorang petugas cleaning service memang tidak bisa dikesampingkan dalam suatu lingkup kerja di dalam kantor. Meski kerap kali dianggap sebelah mata, petugas cleaning service memiliki peran yang sangat vital dalam menopang kinerja para karyawan di suatu perusahaan.

Sebagai contoh, petugas office boy/girl yang didatangkan dari perusahaan jasa cleaning service kantor bertugas untuk melayani para karyawan saat bekerja. Ketika petugas tersebut tidak mengimplementasikan prinsip 5S kedalam pekerjaannya sehari-hari, maka bukan tidak mungkin jika para karyawan kantor tersebut akan merasa tidak nyaman dengan kehadiran office boy tersebut. Akibatnya, kinerjanya pun akan terganggu dan merusak citra perusahaan tempat office boy tersebut bernaung. Oleh karena itu, prinsip 5S sangat penting untuk diterapkan oleh petugas cleaning service dari perusahaan cleaning service kantor.

 

Penerapan prinsip 5S memang sangat vital untuk seorang petugas jasa cleaning service kantor. Penerapan 5S yang baik tentu akan membuat petugas tersebut disukai oleh banyak orang yang membuatnya memiliki reputasi yang baik. Namun, akan lebih baik lagi jika prinsip 5S tersebut dilakukan dari hati nurani dan tidak hanya didasarkan karena profesionalitas semata.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *