Dampak Buruk Jika Malas Membersihkan Rumah Bagi Kesehatan dan Apa Saja yang Harus Dilakukan

Membersihkan rumah adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang. Apalagi, kegiatan bersih-bersih bukan hanya bertujuan membuat tampilan rumah tampak rapi, indah, dan terawat tapi juga sehat. Pasalnya, kebersihan rumah memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan para penghuninya.

Aktivitas membersihkan rumah sebaiknya dilakukan setiap hari agar kotoran tidak menumpuk sehingga sulit dibersihkan. Hal tersebut tidak hanya akan membuat rumah jadi berdebu, namun juga mengundang berbagai serangga yang berpotensi membawa penyakit menular.

5 Dampak Buruk Malas Membersihkan Rumah

Terlalu sibuk dengan aktivitas luar rumah sehingga sulit menemukan waktu untuk membersihkan hunian? Hati-hati, di bawah ini adalah beberapa bahaya yang mengintai jika malas bersih-bersih:

  1. Rumah Menjadi Sarang Tungau dan Debu Pemicu Alergi

Kondisi rumah yang kotor akan membuat debu semakin menumpuk dan di sisi lain tungau berkembang baik. Ini akan membuat penghuni rumah rentan terserang alergi.

Oleh sebab itu, bersihkan rumah minimal sekali dalam seminggu, jangan lupa bersihkan permukaan kasur dan sofa dengan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dan tungau.

  1. Sampah Menumpuk

Meski terdengar sepele, namun tidak sedikit orang malas membuang sampah. Namun, tanpa disadari penumpukan sampah akan menyebabkan serangga seperti nyamuk, semut, kecoa, dan lalat berdatangan. Selain mengganggu, serangga tersebut juga bisa jadi biang penyakit.

  1. Kamar Mandi Penuh Kuman dan Bakteri

Karena lembab dan basah, area kamar mandi rawan ditumbuhi jamur dan lumut yang bisa membuat anggota keluarga terpeleset. Untuk mencegah hal tersebut, tambahkan ventilasi di atas dinding kamar mandi agar sinar matahari bisa masuk, dan ruangan tetap kering.

  1. Mengundang Tikus

Kebiasaan tidak langsung membersihkan tumpahan atau remah makanan bisa menarik serangga tikus untuk datang ke rumah. Bahayanya, tikus bisa membawa berbagai penyakit yang mudah menular pada manusia. Karenanya, jangan malas membersihkan sisa makanan.

  1. Kulkas Dihuni Bakteri dan Jamur

Selain berjamur, kulkas juga rawan menjadi sarang bakteri dari makanan yang tersimpan di dalamnya. Karena itulah, penting untuk membersihkan bagian dalam kulkas secara berkala sebagai upaya menghindari kemunculan bakteri serta jamur.

Tidak peduli seberapa sibuk aktivitas, sebaiknya luangkan waktu untuk membersihkan rumah. Agar setiap bagian rumah bebas dari virus dan bakteri, tidak ada salahnya menggunakan jasa semprot disinfektan terbaik, seperti PT. Mitratama Cipta Selaras untuk melakukan penyemprotan disinfeksi.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *