Inilah Hal-Hal yang Perlu Anda Pahami tentang Outsourcing di Indonesia

Inilah Hal-Hal yang Perlu Anda Pahami tentang Outsourcing di Indonesia

Outsourcing atau alih daya merupakan salah satu isu hangat yang selalu memicu pro dan kontra. Di satu sisi, sistem ini sangat bermanfaat untuk mengurangi angka pengangguran. Namun di sisi lain, jasa outsourcing dianggap merugikan karyawan.

Pada sistem outsourcing, perusahaan penyedia akan menyalurkan tenaga kerja ke perusahaan yang membutuhkan. Oleh sebab itu, perusahaan yang menggunakan jasa ini tidak perlu melakukan rekrutmen secara langsung. Simak beberapa hal penting mengenai sistem outsourcing berikut ini!

Fakta tentang Sistem Outsourcing di Indonesia

1. Proses Perekrutan Serupa dengan Non Outsourcing

Anda mungkin mengira bahwa proses rekrutmen karyawan outsourcing berbeda dengan perekrutan pada umumnya. Kenyataannya, rekrutmen karyawan alih daya dilakukan dengan sistem yang tidak jauh berbeda.

Pelamar harus mengikuti berbagai tahapan seperti tes tertulis, wawancara dengan perusahaan outsourcing, wawancara dengan perusahaan pengguna, serta proses lain yang disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Penggunaan Tenaga Outsourcing Dibatasi pada Bidang Usaha Tertentu

Perlu Anda ketahui bahwa tenaga outsourcing hanya digunakan untuk bidang usaha tertentu yang tidak berkaitan dengan bisnis inti. Beberapa jenis bidang usaha tersebut meliputi pelayanan kebersihan, penyediaan makanan, tenaga pengamanan, jasa penunjang, dan penyediaan angkutan.

Hal ini sesuai dengan Permenakertrans Nomor 19 Tahun 2012. Dengan demikian, perusahaan jasa outsourcing juga membatasi penyediaan tenaga kerja hanya pada lima bidang tersebut.

3. Sistem Alih Daya Meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Ada banyak alasan mengapa perusahaan menggunakan sistem alih daya, salah satunya adalah untuk meningkatkan efisiensi. Pasalnya, perusahaan tidak perlu memberikan pelatihan, tunjangan, lembur, dan lain sebagainya yang menguras dana besar.

4. Outsourcing Banyak Diterapkan di Mancanegara

Fakta menarik lain mengenai outsourcing adalah sistem ini telah banyak diterapkan di negara maju seperti Jepang dan Australia. Bahkan di Jepang tenaga alih daya digunakan untuk bisnis inti dan perhitungan gaji didasarkan pada aktual jam per hari.

Selain itu, perusahaan penyedia di berbagai negara juga menjamin keterampilan serta kehandalan tenaga kerja. Apabila karyawan dinilai tidak kompeten, pengguna dapat mengajukan penggantian karyawan sesuai dengan kebutuhan.

Jika perusahaan Anda tengah membutuhkan jasa outsourcing, sangatlah penting untuk memilih perusahaan penyedia yang profesional, terpercaya, dan berpengalaman. PT. Mitratama Cipta Selaras (MCS) merupakan penyedia jasa outsourcing jakarta tebaik di Indoensia. MCS menawarkan tenaga kerja profesional, handal dan terampil yang dapat mendukung bisnis Anda.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *