Manfaat Memakai Jasa Pest Control untuk Usaha Anda

Pest control atau pengendalian hama memiliki peran besar dalam kesuksesan di bidang pertanian. Jika tidak dikendalikan secara baik dan benar, hama bukan saja berdampak terhadap kualitas ketahanan pangan, namun juga membuat hasil panen mengalami penurunan secara signifikan.

Secara umum, pengendalian hama meliputi semua kegiatan yang dilakukan exterminator (pengendali hama) untuk mencegah dan memberantas hama. Pilihan membasmi hama melibatkan penggunaan pestisida sintetik serta organik, dan sejumlah opsi lain, seperti perangkap, kontrol lingkungan, dsb.

Metode Pest Control

Aktivitas pembasmian hama dikategorikan dalam 5 metode, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengetahuan Efektif

Anda harus dapat mengidentifikasi jenis hama yang dihadapi dan kebiasaannya. Dengan begitu, barulah bisa merancang strategi pengendalian. Jangan sampai salah identifikasi agar tidak boros waktu dan biaya. Pelajari dimana hama tumbuh dan potensi ancamannya.

  1. Metode Pengendalian Hama Organik

Dalam menanggulangi serangan hama, sebagian besar petani umumnya memilih metode pengendalian secara alamiah sebab dinilai lebih aman untuk tanaman. Caranya adalah dengan memasang umpan yang kuat serta efisien dan perangkap untuk membunuh hama.

Racun biodegradable atau sodium fluoroacetate (FCH2CO2Na) merupakan salah satu solusi membasmi hama. Apalagi, metode ini lebih hemat biaya dan menawarkan hasil efektif. Produk untuk mengendalikan hama organik diantaranya adalah, nematoda parasit, dsb.

  1. Kontrol Biologis

Metode ini biasanya digunakan pada jenis pertanian rumah kaca, namun bisa diaplikasikan di luar ruangan juga. Mengendalikan hama secara biologis dilakukan dengan mengembangbiakkan musuh hama, seperti parasit untuk menginfeksi hama dengan bakteri.

  1. Pestisida Kimia

Ada berbagai opsi produk pestisida kimia yang bisa dijadikan solusi membasmi hama. Namun, pestisida kimia cenderung berisiko tinggi, karena dapat mencemari lingkungan (tanah, air, dan udara) makanan, hingga manusia dan organisme hidup lainnya.

Pestisida tersedia dalam bentuk air, padat, dan aerosol, serta dikelompokkan sesuai jenis hama yang ingin dimusnahkan, seperti bakterisida untuk membunuh bakteri, insektisida untuk serangga, dan herbisida untuk tanaman. Akan tetapi, penggunaannya harus hati-hati.

  1. Kontrol Kebersihan

Beberapa jenis hama dapat hidup di tempat bersih. Oleh sebab itu, jangan memberikan celah untuk hama tumbuh dan bereproduksi. Selalu pastikan kalau lingkungan tetap bersih dengan melakukan kontrol berkala sehingga tidak ada kemungkinan hama bisa berkembang biak.

Jika Anda mulai mengidentifikasi keberadaan hama di rumah, gedung, atau perkantoran, dan tidak tahu bagaimana memusnahkannya secara aman, maka bisa mempercayakan kegiatan pengendalian hama pada jasa pembasmi hama terbaik, yaitu PT Mitratama Cipta Selaras.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *