Basic Cleaning Service

Simak! 5 Basic Cleaning Service yang Perlu Kamu Ketahui

Banyak fasilitas publik di Kota besar Jakarta, termasuk mall dan rumah sakit yang tentunya harus selalu bersih. Oleh karena itu perlu jasa outsourcing di Jakarta yang profesional dalam cleaning service, bukan hanya memahami teori tapi juga terampil dalam implementasinya.  

Kebersihan tempat umum harus selalu terjaga, terlebih rumah sakit yang berpotensi menularkan penyakit, untuk itu butuh tenaga cleaning service yang terampil dengan basic cleaning service dan pengelolaan kebersihan secara sistematis dan profesional. Apa saja basic cleaning service? 

Basic Cleaning Service yang Perlu Kamu Ketahui

1. Dusting (Membersihkan Debu)

Dusting adalah kegiatan membersihkan debu dan kotoran kecil dari permukaan benda termasuk didalamnya dinding, furniture, dan lain-lain. Ada beberapa jenis kain lap yang bisa digunakan sesuai kebutuhan untuk memaksimalkan hasil pengelapan, yaitu:

  • Lap kanebo untuk mengelap permukaan yang basah 
  • Lap microfiber untuk membersihkan noda pada benda yang rawan tergores
  • Lap elektrostatik untuk membersihkan debu pada furnitur berbahan kayu

2. Sweeping (Menyapu)

Sweeping adalah kegiatan membersihkan kotoran dan debu pada lantai. Sweeping ada beberapa macam, yaitu penyapuan menggunakan lobby duster yang bisa dilakukan dengan cara mendorong irasional, serta maju atau mundur tumpang tindih.

Selain itu, ada penyapuan menggunakan sapu nilon yang banyak digunakan pada pembersihan rumah, dan penyapuan menggunakan sapu lidi untuk membersihkan conblock dan lantai concrete atau lantai semen. 

3. Mopping (Pengepelan)

Pengepelan juga basic cleaning service yang penting. Pengepelan merupakan kegiatan untuk menghilangkan kotoran dan noda yang melekat pada lantai. Pengepelan tidak bisa sembarangan, simak cara pengepelan yang benar berikut.

  • Siapkan peralatan, seperti set pel, warning sign, tapas, scraper, dan sarung tangan karet. 
  • Siapkan air dengan campuran cairan pembersih lantai.
  • Letakkan warning sign 
  • Basahi kain pel dan peras semaksimal mungkin
  • Pel secara mundur, gerakan tumpang tindih, dan metode angka 8.
  • Segera bilas apabila pel kotor
  • Tunggu hingga kering. 

4. Glass Cleaning (Pembersihan Kaca)

Jasa cleaning service mall atau rumah sakit pasti tak terlepas dari glass cleaning, mengingat banyaknya gedung dan properti berbahan kaca. Glass cleaning adalah membersihkan noda atau kotoran yang menempel pada kaca. 

Cara glass cleaning yang tepat secara garis besar adalah menyiapkan alat, seperti penyapu jendela, bara, lap kering, kanebo, kape kaca, telescopic pole. Kemudian, bersihkan noda, basahi dan gosok, kemudian membersihkan bahan kimia hingga kaca mengkilap dengan metode angka 1, 7, atau 8.

5. Toilet Cleaning (Pembersihan Toilet)

Toilet cleaning adalah kegiatan membersihkan toilet agar tidak berbau, bersih, kering, serta higienis. Ini salah satu proses penting ketika menggunakan jasa cleaning service rumah sakit ataupun mall. Bagaimana tata cara toilet cleaning? 

Secara garis besar toilet harus dibersihkan dari sampah yang ada di tempat sampah dan lantai. Kemudian, perlu memeriksa dan menambah stok tisu. Pembersihan meliputi wastafel, urinoir, dinding dan lantai, serta lemari pembersih. 

Peralatan yang dibutuhkan untuk toilet cleaning, yaitu kain kering, kanebo, sapu nylon, sikat wc, daspen, plastik sampah, sarung tangan bahan karet, sikat lantai, warning sign, satu set pel, spon, botol spray, dan toilet cleaner. 

Layanan Service PT MCS

Jasa dari Mitratama Cipta Selaras punya peralatan yang memadai dan memiliki banyak layanan, mencakup cleaning service untuk komersial seperti jasa cleaning service rumah sakit, jasa cleaning service mall, jasa cleaning service pabrik, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu juga Mitratama Cipta Selaras juga bisa melakukan pembersihan lain, seperti general cleaning, pembersihan area khusus, jasa penyemprotan disinfektan, dan lain sebagainya. Segera terhubung dengan kami melalui Whatsapp tertera. Klik gambar di bawah!

 

layanan jasa cleaning service