Rahasia Mengatasi Area Lantai Restoran dan Showroom yang Berminyak

Lantai berminyak tidak bisa dibersihkan sembarangan, jika caranya salah maka bisa menyebabkan lantai semakin licin dan minyak menyebar. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penanganan yang tepat dan Anda juga bisa memanfaatkan jasa cleaning service yang bisa membersihkan lantai berminyak dengan tepat, dan kebersihan di area yang lainnya.

Lantai basah karena air saja bisa licin dan berbahaya, apalagi lantai berminyak. Butuh ekstra cara untuk mengatasinya. Berikut 7 cara membersihkan lantai yang berminyak, diantaranya bisa menggunakan bahan alami ataupun chemical. 

Cara Membersihkan Lantai yang Berminyak

Area dapur merupakan area yang seringkali licin karena percikan atau tumpahan minyak. Namun, area lain juga bisa berminyak, seperti di restoran, pabrik makanan, showroom, garasi karena oli dan lain sebagainya.  Lantas, bagaimana cara membersihkan lantai yang berminyak? 

1. Bersihkan Memakai Garam

Cara pertama, bersihkan lantai berminyak menggunakan garam. Taburkan garam pada lantai yang berminyak, tunggu hingga minyak terserap ke dalam garam. Setelah itu, bersihkan garam menggunakan tisu atau kain pel. 

2. Bersihkan Memakai Tepung Terigu

Cara kedua sama prinsipnya dengan cara pertama, yakni penggunaan taburan tepung terigu diatas lantai berminyak sehingga minyak terserap. Setelah itu, bersihkan tepung menggunakan kain pel atau sapu yang bersih. 

3. Bersihkan Menggunakan Baking Soda

Bahan masakan lain yang bisa bantu membersihkan minyak lantai, yaitu baking soda. Caranya yaitu, taburkan baking soda secara merata pada lantai yang berminyak, tunggu hingga menyerap, kemudian bersihkan baking soda menggunakan kain pel dan sapu. 

4. Bersihkan Memakai Kertas Koran

Jika tidak mau terlalu rugi bahan makanan, maka kombinasikan tiga bahan sebelumnya dengan penggunaan kertas koran bekas. Cara ini cocok untuk lantai berminyak yang luas. Caranya yaitu, beri kertas koran pada lantai berminyak, tekan hingga minyak menyerap. 

Jangan digosok agar area yang berminyak tidak semakin melebar. Agar pembersihan maksimal, beri garam atau tepung terigu agar menyerap sedikit minyak yang tersisa, kemudian bersihkan dengan sapu dan pel. 

5. Bersihkan Memakai Detergen

Cara kelima bisa menggunakan detergen, detergen jenis apapun bisa untuk menghilangkan minyak pada lantai. Caranya yaitu, campurkan deterjen dengan air panas, kemudian gunakan pel lantai yang bersih untuk mengepel lantai yang berminyak hingga lantai bersih dan kesat. 

6. Bersihkan Memakai Sabun Cuci Piring

Selain detergen, sabun cuci piring juga bisa menghilangkan lantai berminyak. Campurkan sabun cuci piring dengan air hangat, gunakan campuran tersebut untuk membersihkan lantai menggunakan spons, kemudian bilas dan pel lagi dengan kain pel bersih. 

7. Bersihkan Menggunakan Floor Cleaner

Floor cleaner atau cairan pembersih lantai memang diformulasikan untuk membersihkan lantai. Penggunaan floor cleaner bisa dicampurkan dengan air panas untuk mengepel sehingga lantai terasa kesat. Jika minyak terlalu banyak, sebaiknya gunakan koran, tepung atau garam dahulu. 

Cairan Pembersih Lantai Berminyak Apa Saja?

Ada beberapa cairan pembersih lantai berminyak, seperti floor cleaner biasa yang memang untuk membersihkan lantai. Ada pula jenis kitchen cleaner yang memang diperuntukkan membersihkan dapur, bukan hanya membersihkan lemak, tapi juga kerak. 

Selain itu, ada jenis degreaser untuk membersihkan jejak dari ban kendaraan, minyak, oli, dan lemak di lantai biasanya ini terjadi di showroom atau bengkel. Tak perlu susah mencari pembersih, Anda bisa dengan praktis memanfaatkan jasa cleaning service yang bisa menyediakan berbagai chemical untuk mengoptimalkan pembersihan lantai berminyak. 

Bagaimana Cara Agar Lantai Tidak Lengket?

Agar tidak lengket, bersihkan dengan benar agar area berminyak tidak melebar, gunakan chemical pembersih lantai, bisa menggunakan air panas agar lantai semakin kesat, campuran chemical dan air harus pas, serta kain pel bersih sehingga tidak menyisakan chemical atau kotoran. 

Kini, Anda tidak perlu ribet, tinggal hubungi langsung perusahaan jasa outsourcing di Jakarta yaitu PT Mitratama Cipta Selaras untuk membersihkan lantai berminyak pasti cepat dan tepat. Bukan hanya membersihkan berbagai area, perusahaan kami juga menyediakan jasa penyemprotan disinfektan untuk area rumah, kantor, dan fasilitas umum lainnya.

Jasa Penyemprotan Disinfektan